Halaman

Kamis, 26 Mei 2011

machintosh

Sebagian besar pengguna IT di dunia adalah pengguna windows produksi Microsoft, tapi bukan berarti pelaku bisinis di dunia tidak melirik OS lain, karena beberapa alasan banyak pengusaha baik atas nama perorangan ataupun korporasi memilih untuk memakai OS lain. Kira-kira apa sih kelebihan satu OS dengan OS lainnya?. Hal itu secara singkat akan coba kita ulas pada tulisan ini.Windows, OS keluaran Microsoft yang hingga saat sekarang ini masih menguasai 80 % pasar IT di dunia. Perusahaan yang didirikan oleh Bill gates ini terus memperbaharui varian windows-nya(yang terakhir Windows 7) dengan reseach yang dilakukan dengan sistematis oleh perusahaan, dan berbeda dengan Open Source linux, untuk mempelajari windows varian baru tidak perlu belajar dari awal lagi, karena ia hanya bersifat penyempurnaan saja. Jadi banyak item-item yang relatif sama, para pelaku bisnis tidak perlu bersusah payah membiasakan pengetahuan bawah sadarnya untuk mengoperasikan windows.
Tapi karena selama ini windows dianggap sebagai barang mahal oleh orang Indonesia(untuk XP home edition saja mencapai 800.000), maka tidak heran jika selama ini banyak berkeliaran windows bajakannya. dengan instrumen Hak Intelektual, maka windows pun dikomersialkan. tapi sepengamatan kita, sebenarnya tidak ada masalah ketika kita menggunakan windows bajakan dalam hal kualitas. Yang membedakan hanya masalah registrasi dan tidak teregistrasi. jika telah teregistrasi maka jadilah windows tersebut asli. untuk mengganti windows bajakan dengan asli pun tidak harus di install ulang tapi cukup memasukkan Key code-nya saja. dan ini menurut membuktikan bahwa windows asli dengan bajakan tidaklah berbeda. Walaupun saat ini Microsoft sedang gencar melakukan kampanye pemakaian windows original, dan mengancam komputer pembajak dengan tampilan hitam, tapi sepengamatan di lapangan tidak satupun pengguna windows bajakan yang mengekuhkan hal ini. Malah hal yang paling mereka keluhkan adalah razia software bajakan oleh pihak kepolisian terutama oleh pelaku usaha.
Kelebihan Windows selama ini terletak pada itemnya yang friendly karena banyak digunakan oleh para pengguna IT di seluruh dunia, sedari kecil sejak mengenal computer kita sudah dibiasakan dengan Windows, jika hang kita juga bisa dengan mudah memperbaikinya karena banyak ahli windows disekitar kita, di samping itu kita juga masih bisa sharing komputer dengan linux OS, windows juga mempunyai aplikasi yang lengkap walaupun banyak bagian yang harus dibeli terpisah. Menggunakan Windows saat menyelesaikan laporan-laporan kantor tentu sangat membantu.
Lalu bagaimana dengan linux? linux sendiri adalah OS alternatif selain Windows. ia diciptakan oleh seorang pemakai OS bernama Linus Torvald pada 1988 yang merasa tidak puas terhadap apa yang telah dicapainya, hingga kemudian ia melemparkannya di internet dan tanpa diduga masyarakat banyak yang mem-browse-nya, hingga saat ini telah banyak varian linux yang biasa disebut oleh para komunitas Linux sebagai distro, bermunculan di khalayak.
Kelebihan linux dibanding OS lain karena ia bersifat terbuka, tidak perlu bayar lisensi, kita juga bebas mengembangkannya lewat source code, Linux juga terkenal sebagai OS yang tidak rentan virus, bahkan ada yang sampai menjamin bahwa Linux kebal virus, operasi sistemnya pun terhitung ringan daripada Windows. Ia cocok bagi mereka yang ingin belajar lebih banyak tentang OS.
Lalu bagaimana dengan Macintosh? Macintosh selama ini mempunyai kelebihan dalam kinerja pembuatan desain, musik, dan film. Tidak bisa dibayangkan bagaimana ribetnya jika kita melakukan semua itu lewat Windows. Macintosh hingga saat ini memang lebih banyak menunjuk pada tiga hal tersebut. Tapi selain itu Mac juga dikenal sebagai OS yang eye catching, tidak terjadi hardware conflict karena sudah satu paket dengan Mac OS, ia juga tidak rentan virus. Internet servernya yang bernama Safari juga terkenal enak untuk digunakan ber-internet ria.
Kelemahan-kelemahan mereka
Kelemahan Windows selama ini adalah karena ia mudah diserang virus, hal ini wajar karena ia banyak digunakan oleh para IT User jadi banyak orang sudah mengerti tentang bahasa programnya. Ia juga tidak bisa dikembangkan secara mandiri dan harus menunggu Microsoft, tidak ada source code-nya, disamping itu pula ia dikenal sebagai OS yang mudah hang walau juga dikenal mudah untuk memperbaikinya, hardware conflict adakalanya terjadi pada Windows karena ia bisa di injekkan pada computer rakitan. Server internet-nya yang bernama Internet Explorer (IE) juga banyak dikeluhkan oleh para pemakai Internet.
Adapun Linux, kelemahannya terletak pada sistem operasi yang masih belum banyak diketahui oleh masyarakat IT, jika terjadi masalah juga agak susah bagi pengguna awam karena ahli Linux pun terbatas, terutama di daerah-daerah di Indonesia. Kecuali kita punya komunitas yang bisa diajak share.

Sedangkan Macintosh, keeksklusifan satu paketnya membuat kita harus mengeluarkan biaya banyak,padahal dirumah kita sudah memiliki computer misalnya tentu kita harus membeli computer lagi. Selain itu hampir sama dengan linux, untuk menggunakan Mac kita juga harus belajar ekstra karena banyak system pengoperasian yang tidak familiar bagi pengguna IT awam. (Ihsan Maulana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar