Halaman

Kamis, 09 Juni 2011

POP3 di Sendmail

Agar user dapat mengambil e-mail secara remote, maka perlu dipasang POP3 Server. Dalam hal ini, sendmail tidak mendukungnya, dan untuk dapat menjalankan POP3 harus menggunakan program tambahan lain. Secara default, jika anda instal pine (klien e-mail) saat instalasi, maka program tersebut secara otomatis menyertakan ipop3d yang melayani pengguna di port 110. Tidak ada konfigurasi secara khusus.
Dari sisi user, cukup menunjuk mesin Linux sebagai SMTP server (yang dilayani oleh sendmail) dan POP3 server (yang dilayani oleh ipop3d). Misalnya untuk klien Outlook Express, seting untuk servernya bisa lewat Tools - Accounts - Mail - Add - Mail. Pada bagian E-mail Server Names, cukup isikan nama server Linux, atau alamat IP-nya. Jika diisi nama server, perlu diperhatikan seting MX Record pada DNS servernya. Untuk ujicoba memastikan bahwa sistem berjalan baik, isikan terlebih dahulu nomor IP-nya.

Administrasi Sendmail

Alias sendmail (sendmail aliases)

Fungsi alias disini adalah untuk :

  • Memberikan nama alternatif kepada setiap user
  • Mailing list
Biasanya untuk aliases ini disimpan di /etc/aliases yang merupakan file teks. Format penulisannya yaitu : Alias: penerima, [penerima, ...]
Alias ini biasanya digunakan untuk menerima khusus seperti postmaster atau root. Pada saat membuat aliasnya dapat digunakan hanya nama atau alamat lengkap, contoh : anggap bahwa domain yang digunakan adalah nuts.com
 
# special names

postmaster: root

root: wars

 

# accept first-intial_last-name@ nuts.com

kacang: anda@peanut

tanah: andajuga@walnut

 

# a mailing list

admin: wars, root, anda@peanut , andajuga@walnut , fade2blac@pecan , sipoer

 

owner-admin: root

 
jika ada e-mail yang dikirim kan ke alamat diatas maka akan disampaikan kepada user yang ada disebelah kanan alias, contoh bila ada e-mail yang ditujukan ke postmaster@nuts.com akan dikirimkan ke user root dan begitupun dengan alias admin maka akan dikirim ke user wars, root, anda@peanut dan seterusnya.
Untuk alias ini sendmail tidak langsung mengenal pada saat ada penambahan ataupun pengurangan data, untuk supaya dapat dikenal maka harus dilakukan perintah newaliases atau sendmail -bi oleh user root.

Personal Mail Forwarding

Untuk forwarding ini selain dapat dilakukan oleh aliases juga dapat dilakukan dengan menambahkan file .forward pada direktori user masing-masing dan ini bisa dilakukan oleh user yang bersangkutan sementara untuk aliases hanya dapat dilakukan oleh superuser atau root, jadi apabila user ingin memindahkan alamat e-mailnya cukup dengan membuat personal mail forwarding ini. Contoh user wars akan dipindahkan ke user wars yang ada di domain domain.com
Berarti isi dari file .forward ini adalah :
Wars@domain.com

Apabila ada e-mail untuk user wars@nuts.com akan secara otomatis dikirim lagi ke user
wars@domain.com

Biasanya .forward ini digunakan untuk forwarding sementara. Dan semua konfigurasi untuk sendmail ini ditentukan oleh file /etc/sendmail.cf.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar